Selasa, 19 Juli 2016

PROFIL UNIVERSITAS BINA DARMA

Sejarah

Universitas Bina Darma (UBD) memiliki 4 (empat) gedung kampus yang terletak di Jalan Jenderal A. Yani Palembang. Kampus Utama terletak di no. 12 menempati lahan seluas 3057 m2, Kampus B terletak di no 3 seluas 4723 m2, Kampus C terletak di no 15 seluas 1206 m2, Kampus D terletak di no 24 seluas 238 m2 .
Atas prakarsa Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc. dan kawan-kawan pada tanggal 28 Desember 1993 didirikan Yayasan Bina Darma dengan Akte Notaris Alia Ghani, S.H. Nomor: 95. Kemudian tanggal 10 Maret 2001 terjadi perubahan pendiri Yayasan Bina Darma berdasarkan akte notaris Thamrin nomor :6. Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan ini antara lain untuk turut serta secara aktif membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional dan turut serta membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kemudian sejalan dengan berjalannya waktu, maka pada tanggal 30 April 2001 berdasarkan Akte Notaris Thamrin nomor : 36, Yayasan Bina Darma mengambil alih pengelolaan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Graha Darma. Untuk itu Yayasan Bina Darma mengubah nama Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Graha Darma menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Darma berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor : 143/D/0/2001 tanggal 27 Agustus 2001.
Pada perkembangan selanjutnya atas segala usaha dan prestasi semua unsur yang ada di ketiga Sekolah Tinggi yang berada dalam naungan Yayasan Bina Darma yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Bina Darma digabung menjadi Universitas berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 112/D/0/2002 tanggal 7 Juni 2002 tentang Penggabungan 3 (tiga) Sekolah Tinggi menjadi Universitas dan Penambahan Izin Penyelenggaraan Program Studi Baru yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Darma di Palembang. Berhubungan dengan itu maka untuk Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Darma berubah menjadi Fakultas Ilmu Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma berubah menjadi Fakultas Ekonomi, dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) berubah menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra, dan ditambah dua Fakultas lagi yaitu Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri jenjang studi strata satu (S1), dan Fakultas Psikologi dengan program studi Psikologi jenjang studi strata satu (S1). Sejalan waktu UBD menambah 2 Fakultas Baru yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, sehingga UBD saat ini mengasuh dan mengembangkan ilmu dan keahlian profesional pada 7 (tujuh) Fakultas dengan 19 program studi yang mempunyai komitmen untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan dapat diterima di masyarakat.
Pencapaian yang dilakukan UBD diantaranya:


  1. Terciptanya laboratorium bisnis dan psikologi yang refresentatif
  2. Terciptanya laboratorium teknik yang refresentatif.
  3. Diterimanya sertifikasi ISO 9001:2008.
  4. Jumlah hibah penelitian (hibah bersaing dan fundamental) meningkat dan LPPM masuk sebagai cluster madya.
  5. Jumlah kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti meningkat.
  6. Pengembangan kualitas pembelajaran dengan penambahan studio pembelajaran.
  7. Berdirinya unit kerja pengembangan kewirausahaan atau Bina Darma Entrepreneurship Center.
  8. Meningkatnya kualitas dan rasio dosen mahasiswa di beberapa program studi.
  9. Mengevaluasi dan memperbaharui kurikulum, silabus, dan kalender akademik.
  10. Berkembangnya kerjasama kelembagaan dengan perguruan tinggi dan lembaga professional asing seperti NIIT (India), Johanes Kepler University (Austria), dan Universiti Industri Selangor (Malaysia), Universiti Teknologi Malaysia,
  11. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang bersifat pengembangan sumberdaya masyarakat oleh BDCTC dan BMC.
  12. Memberikan kompensasi berbasis akuntabilitas kinerja dan penjaminan mutu.
  13. Meningkatnya kapasitas dan fungsi jaringan intranet UBD dengan tambahan bandwidth.
  14. Implementasi kurikulum berbasis sertifikasi professional.
 

Identitas

Logo Universitas Bina Darma terdiri atas empat unsur, yaitu:
Bola dunia melambangkan bahwa Bina Darma telah menuju era Globalisasi dibidang pendidikan dalam konsep unity (kesatuan) Bangsa dan Negara.

Air

Makna Umum dan Makna Warna Logogram
Bina Darma telah menuju era globalisasi pendidikan dengan dasar Tri Darma perguruan Tinggi Indonesia disertai Target / Tujuan yang jelas, dibekali Science / lImu, Knowledge / Pengetahuan, Teknologi dan Quality / Mutu yang prima serta akan terus berkembang, tak terhenti seperti arus air Musi yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.
Melambangkan semangat Bina Darma untuk menjadi yang terdepan dan unggul. Semangat yang juga dibina pada peserta didiknya agar menjadi manusia yang berhasil dan unggul di bidangnya masing-masing.
Makna Umum FengShui Pada Logogram   Fengshui merupakan suatu ilmu alam yang dikaitkan dengan aktivitas manusia dan telah dipraktekkan di negeri China sejak + 2000 tahun lalu. Teori Fengshui terdiri atas 5 unsur alam, yaitu:
1.  Emas / Cin (logam)
2.  Kayu / Mhuk (tumbuh-tumbuhan)
3.  Air / Shui (kehidupan)
4. Api / Fo (semangatl kegunaan)
5. Tanah / Thuh (wadah kesempurnaan)
Apabila dalam satu simbol (logogram) terkandung lima unsur alam tersebut maka menurut fengshui, logogram akan mampu membantu usaha, pekerjaan, pembangunan, masalah kekeluargaan, tugas dan hasil panen yang positif serta akan membawa keberuntungan. Hal ini terbukti dengan kelanjutan Teori Fengshui yang mampu bertahan ribuan tahun.
Adapun kandungan fengshui yang terdapat dalam logogram Bina Darma adalah sebagai berikut :
1. Warna kuning, mewakili unsur Emas / Cin (logam). Bermakna keabadian dan kebesaran.
2. Inisial BD dan Toga, mewakili unsur Kayu / Mhuk. Bermakna pertumbuhan dan perkembangan.
3. Tri Darma, mewakili unsur Air / Shui. Bermakna kehidupan yang mengalir terus menerus.
4. Warna merah, mewakili unsur Api / Fo. Bermakna kecerdasan, semangat dan keberanian.
5. Bola Dunia, mewakili unsur Tanah / Thuh. Bermakna satu wadah sempurna yang tidak pernah putus sirkulasi dan pemutarannya.
Secara keseluruhan, unsur-unsur tersebut bermakna bahwa Bina Darma merupakan wadah yang dapat diuji iman dan ilmunya, tumbuh dan berkembang seperti air yang mengalir terus menerus, memberi kehidupan, kecerdasan dengan warna emas yang melambangkan tahan diuji sepanjang masa dan abadi dengan segala kebesaran yang dimiliki.
Makna Umum Logotype
Universitas
Kata Universitas menggunakan huruf AvantGarde BK BT, dimaksudkan untuk menunjukkan ketegasan dari Bina Darma sebagai lembaga pendidikan yang formal.
Warna Merah pada kata Universitas melambangkan keberanian dan keteguhan Bina Darma menuju era globalisasi.
Bina Darma
Kata Bina Darma menggunakan huruf BenguiatGot BKBT, memberikan kesan Tegas, Luas dan Kecerdasan.
Warna Biru pada kata Bina Darma melambangkan air. Hal ini bermakna bahwa di Bina Darma terdapat banyak ilmu bermanfaat yang dapat dimiliki dan diperdalam oleh setiap peserta didik untuk nantinya dapat diabdikan kepada Bangsa dan Negara.


Visi dan Misi

      Visi

Menjadi Universitas Berstandar Internasional Berbasis Teknologi Informasi  Pada Tahun 2025

      Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berstandar internasional,
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berstandar internasional melalui pemanfaatan teknologi informasi,
  3. Membangan komunitas intelektual yang berkualitas,
  4. Melakukan penelitian yang berstandar internasional,
  5. Melakukan pengabdian guna meningkatkan kemandirian masyarakat,
  6. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan

Struktur Organisasi



Pimpinan

Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc.

Rektor Universitas Bina Darma

Prof. Dr. H. Zainuddin Ismail, M.M.

Wakil Rektor I Bidang Akademik

 

Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan

Dekan Fakultas




M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., PhD.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer

Dr. Emi Suwarni, S.E., M.Si.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Prof. Waspodo

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

Dekan Fakultas Bahasa Dan Sastra

Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc.

Dekan Fakultas Vokasi

Dr. Firdaus, M.T.

Dekan Fakultas Teknik

Desy Arisandi, S.Psi., Psi., M.Si.

Dekan Fakultas Psikologi

Prof. Dr. Isnawijayani, M.Si.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi

Akademik

Pendidikan Akademik di UBD terdiri dari program diploma, program sarjana, dan program pascasarjana yang diarahkan kepada pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Saat ini UBD memiliki 7 fakultas dan 19 (tujuh belas) Program studi untuk jenjang  Strata Satu (S1) dan Diploma III (D3), sedangkan untuk Program Pascasarjana (S2) UBD telah memiliki Magister Manajemen dan Magister Teknik Informatika. Prosesnya dimulai dari penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan satu kali dalam satu kalender akademik dimana calon mahasiswa harus melalui tahapan ujian penerimaan mahasiswa baru yang meliputi tes bahasa Inggris (menggunakan soal dari Esol bekerjasama dengan Cambridge University), Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Ilmu.
Untuk menyiapkan lulusan agar memiliki daya saing, beberapa program studi telah mengadopsi materi uji kompetensi profesional yang bersumber dari industri kedalam kurikulumnya. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi profesional yang sesuai.
Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, materi pembelajaran secara berkala di evaluasi untuk melihat  kesesuaian dengan kebutuhan dunia kerja dengan melakukan   peninjauan kurikulum 2 tahun sekali. Penetapan kompetensi dimasukan pada setiap matakuliah yang dapat ditinjau dari Pedoman Pengajaran dalam pengawasan pihak penjaminan mutu universitas. Proses pembelajaran telah didukung dengan sistem e-learning (http://elearning.binadarma.ac.id), sebagai salah satu sistem penunjang atau suplemen proses pembelajaran. Dalam satu tahun akademik diselenggarakan 2 semester reguler yang selanjutnya dikenal dengan semester ganjil dan semester genap. Semester pendek dilaksanakan setelah semester genap diselesaikan, sehingga dapat meningkatkan kualitas serta menyelesaikan studi secara tepat waktu.

Daftar Akreditasi Program Studi 

NO
PROGRAM STUDI
JENJANG PROGRAM
AKREDITASI
1
Teknik Informatika Strata Satu
B
2
Sistem Informasi Strata Satu
A
3
Manajemen Informatika Diploma Tiga
B
4
Komputerisasi Akuntansi Diploma Tiga
B
5
Teknik Komputer Diploma Tiga
B
6
Akuntansi Strata Satu
B
7
Manajemen Strata Satu
B
8
Manajemen Perusahaan Diploma Tiga
B
9
Administrasi Bisnis Diploma Tiga
B
10
Teknik Industri Strata Satu
B
11
Teknik Elektro Strata Satu
B
12
Teknik Sipil Strata Satu
B
13
Psikologi Strata Satu
C
14
Sastra Inggris Strata Satu
B
15
Ilmu Komunikasi Strata Satu
B
16
Manajemen Strata Dua
B
17
Teknik Informatika Strata Dua
C
18
Bahasa Indonesia Strata Satu
C
19
Pendidikan Olahraga Strata Satu
C

Beasiswa



PRESTASI KAMPUS

Beasiswa biaya pendidikan berasal dari Dana Yayasan Bina Darma Palembang bagi mahasiswa yang memiliki prestasi kampus seperti Pemenang Bujang Gadis Kampus, Pemenang Lomba tingkat Nasional dan Internasional, dan mahasiswa tidak mampu yang berprestasi

PPA dan BBM

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM). Beasiswa biaya pendidikan berasal dari Dana Kemenristekdikti yang diberikan kepada perorangan dengan tujuan agar biaya yang diberikan digunakan untuk menunjang pendidikan yang ditempuh. Melalui beasiswa ini, diharapkan dapat meringankan beban biaya pendidikan seseorang tersebut.

GURU PNS DAN HONOR

Beasiswa biaya pendidikan berasal dari Dana Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Provnsi Sumatera Selatan bagi Guru SD/MI SMP/MTS, SMA/MA dan SLB

BIDIK MISI

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana tetapi berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki prestasi akademik yang unggul. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.dikti.go.id. Informasi pendaftaran lengkap tentang Bidikmisi seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, kuota penerimaan, serta jadwal pelaksanan bisa di baca pada Panduan Pendaftraan Bidikmisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar